Honda Motor mengumumkan akan mengembangkan teknologi transmisi automatis untuk produk sepeda motor. Teknologi tersebut diberi nama Human Friendly Transmision (HFT).
Penggunaan HFT memberikan keuntungan bagi pengendaran karena dapat memudahkan pengoperasian. Selain itu, HFT juga lebih memberikan kenyamanan dan rasa santai. Ini dikarenakan respon pergantian transmisi lebih baik dan efisien.
Berita yang dilansir physorg, Senin (8/10/2007) menyebutkan, HFT akan diaplikasikan pada model sepeda motor DN-01 yang peluncurannya akan dilaksanakan pada Tokyo Motor Show akhir bulan Oktober 2007 ini.
HFT merupakan pengembangan dari Honda infinitely variable hydraulic mechanical transmission. Teknologi ini diklaim lebih unggul karena materialnya terbuat dari bahan yang ringan dan kompak. HFT memberikan pilihan bagi pengemudi memilih 2 model pengoperasian, yaitu D dan S. Model D digunakan untuk pengendaraan normal sedangkan S digunakan untuk memberikan nuansa berkendara yang sporty.
Walaupun HFT mengedepankan penggunaan kendaraan secara automatis, namun tidak mengabaikan pengoperasian secara manual. Sehingga Pengendara dapat memilih sistem pengoperasian sesuai dengan seleranya. HFT juga dapat diaktifkan dengan sistem 6 percepatan transmisi manual.
Sistem transmisi merupakan bagian dari kendaraan yang memiliki banyak manfaat dalam 1 bagian mesin. HFT merupakan teknologi yang mampu merangkum semua pengoperasian dalam 1 bagian itu. Mulai dari fungsi starter, power transmison, dan shifting. Semuanya dioperasikan dalam 1 perangkat. HFT juga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar karena dapat meminimalisir pemborosan tenaga. (ton)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar